Sabtu, 12 Februari 2011

terjebaK UKHWAh di DIKLAT TUTOR


بسم الله الرحمن الر حيم

Fi baiti walidii , 12 februari 2011 .
Pukul 20.00

Luar biasa .. getaran emosi ukhwah insan-insan bersemangat Jihad, menggapai ridho Allah . Ambisi membara tuk meraih Surga yang tlah Dia janjikan ..
Pagi ini ana (enung siti fatimah) pergi ke kampus (Universitas Pendidikan Indonesia-UPI) untuk mengikuti dikLat Tutor (pendidikan atau pembekalan kepada para TUTor yang telah lulus seleksi dan berhak mendapat amanah membina adik-adik tutor yang mengontrak matkul PAI di UPI)
Acara di mulai sekitar pukul 08.30 ngaret satu jam dari Jadwal .. hmm ( bruntungnya kebetulan ana pun terlambat, karena harus pergi dulu ke salman ITB )
Bismillahirrahmanirrahim.. inilah cerita.. pengalaman yang ana peroleh hari ini..
Berkenalan dengan sahabat baru.. antara lain tina dari tata busana, karina dari manajemen bisnis, siti dari (lupa), zakia dari bhs inggris, siska dari bhs daerah, nila dari ilkom, asri dari fisika, vini dari (lupa), dll 

Mulai ke Materi
Pertama kang Ence, ketua program tutorial tahun ini, memberi Tips-tips mengenai segala persiapan yang harus dimiliki seorang tutor atau MUROBBI , kita harus siap menghadapi adik-adik mentor,dari mulai NIAT yang tulus karena ALLAH, persiapan materi, penampilan dan trik-trik agar adik tutor ga boring.. yapzzzzz intinya “Yakin bahwa Mentoring kita Akan SUKSES” lalu,, jadikan adik-adik tutor kita seperti sahabat sendiri, kita harus memahami mereka, harus sayang pada mereka, menolong mereka, dan yang pasti mengubah mereka menjadi insan yang CERDAS< IKHLAS>isTIqaMAh . sesuai dengan moto program tutorial upi. >> ada tips yang menggelikan bagi ana , yaitu> sesering mungkin ucapkanlah “ I LOVE YOU” kepada adik tutor ( hmmm..garetekckckck)
Kedua, materi dari ... (ana lupa nama ustadz nya,, pokonya orng buah batu, aktivis bgt deh cz bnyak agenda da’wah dimana-mana )heheh.. materi beliau tentang ” comunication skill” . yaps intinya harus banyak latihan, seperti bicara di dpn cermin atau bljr dulu bicara ke adik atau keluarga. Hmm caranya seru sih.. kita dibagi kelompok , terus kita membuat program seperti organisasi lagi, kita membuat visi misi dan strategi,, lalu di jelaskan semenarik mungkin ke teman2 yang lain.. bagus bgt komunikasi skill teteh klmpok 2,, mngibaratkan kita tuh ibu-ibu jadi di pembukaan dia bilang gini “ apa kabar ibu-ibu ?? gmn keluarganya ? anak-anak nya sudah diberi makan ? suami nya MASIH SETIA kn ?? 9hhahah. Tmbahan c ustad itu mah)
Ketiga, dari ustad.. (lagi-lagi ana lupa namanya, yang pasti beliau Alumni bahasa Arab IKIP! Jago bgt b.arab nya !! sekarang dia lagi nyusun desertasi s3 nya ) .. Subhanallah bgt materinya, materinya itu tentang isi desertasinya yang berjudul “ Tadabur al-Qur’an untuk meningkatkan efektifitas Tutorial pada Matkul MKDU PAI – dahsyaat .. tau ga ?? kallau buat al-quran itu Tadabur ya ! bukan Tafakur ! kalau tafakur itu buat Alam  yuks kita tafakul alam > bukan Tadabur alam. Pemikiran disertasinya sangat terperinci , banyak masalah-masalah yang di ungkapkan, terutama tentang program tutorial ini , jujur ana pun merasakan, sebagian mahasiswa setelah selesai ngontrak Matkul PAI ini , ada yang jadi bagus akhlaq nya, ada juga yg kembali ke jalan yang EROR . hee . yang ana ingat ! dan memang harus diingat yaitu metode yang harus kita Lakukan sebagai da’i atau tutor untuk mentadaburi alqur’an dan mengaplikasikannya kepada adik tutor kita . Yaituuu “ST4” .. berikut penjelasan nya (se ingat ana yaa)
1. Simaa’i / tilawah ( mendengar dan memmbaca al-quran  agar kita memperoleh Informasi dari SMS Allah yg spesial itu
2. Tafhamu ( memahami,, setelah mendengar dan membaca al-qur’an, kita mentransfrnya ke OTAK kita )
3. tazzawuQ ( kalau ga salah nulis) artinya itu .. Menggetarkan nya kedalam HATI .. RasaKan! Dengarkan Kata Hati dengan begitu akan melahirkan step yg ke 4 yaitu ...
4. Tashdiq (MEMBENARKAN isi ayat yg telah ditadaburi ) dan akhirnya dia akan..
5. TaJawwub ( yaitu MENG IKRARKAN dan membuat kommitmen untk menjadi insan yang lebih baik )
nGERTI ga ade2 ?? Maksudnya begini ,, jadi sewaktu mentoring, kita akan mentadaburi saTu ayat atau lebih (satu saja dulu missalnya ayat “ wa asiru kaulakum awijHaru bihi innallaha ‘alimumbidzatissudur .. ada di surat al-Mulk yang artinya : jika kamu ucapkan atau sembunyikan (apapun) sesungguhnya allah Maha mengetahui apa yang ada di HATi kamu..>> lalu kita membacanya ( sekaligus mendengarnya kan ? ) setelah kita baca artinya ,, kita pahamii ( bahwa segala sesuatu ucapan atau perbuatan yang kita perlihatkan atau pun yang kita sembunyikan, sesungguhnya Allah Tau .) lalu kita transfer ke Hati ,, bahwasanya itu adalah SMS atau pesan dari Allah sang maha Pencipta .. dengarkan suara hati .. minta pendapat hati tentang ayat itu .. lalu timbullah OIAIA .. BENAR apa yang Allah firmankan .. Nah setelah kita membenarkan maka dengan mengetahui bahwa Allah maha Tau segalanya.. kita Pasti tidak akan melakukan atau BerniaT sesuatu Hal yang buruk ! kita akan berniat dan mengatakan/melakukan perbuatan-perbuatan yang Baik.. Karena kita Telah Faham isi Satu ayat Tadi.. yaaa bgitulah kurang lebihnya .

setelah itu istirahat.. sholat dan DikLat di mulai lagi sekitar jam 1 dengan materi ke empat ..
narasumbernya yaitu dosen PAI waktu ana semester 1, yaitu pa Endis Firdaus.. bla bla bla .. beliau berbicara tentang... ISLAM . hukum.. politik.. kisah-kisah... ana sedikit lupa nih apa isi materi beliau .

keLima, materinya tentang .. ISLAM SEBAGAI SISTEM .. jadi intinyamah .. segala sesuatu bila dilandasi dengan hukum islam akan benar, akan baik.. negara pun akan Maju . bagus da materinya.. tentang Buruknya sistem sekarang yang menghasilkan generasi atau pemuda yg kurang baik .. beliau juga menjelaskan surat Arrahman .. .. “ he manusia ... NIKMAT ALLAH YG MANA LAGI YG ENGKAU DUSTAI ?? “ astgfirullah kita benar-benar tercumbu keindahan dunia,, kita terlalu memikirkan dunia.. tnpa berpikir ada Siapa dibalik itu semua .. ALLAH . Allah .. TanganAllah lah yang berKEhendak atas seGalanya ..

sesudah itu istirahat sholat asar , ba’da asar materi OUT door ! di dpn gedung ISOLA , rame bgt Lah simulasinya.. meningkatkan kepercayaan kepada Allah, kepada Diri sendiri, kepada Teman .. ( simulasinya itu dengan menjatuhkan diri, dan teman yang menahan kita.. ) lallu motivasi tentang fikiran kita, bahwa kalau kita yakin BISA .. PASTI Bisa .. Insyaallah

Penutupan Diklat tutor sekitar jam 18.00 .
Penutupan yang mengharukan , pertama kita melihat Vidio islami tentang DA’Wah . sesungguhnya ikut tidaknya kita dlm da’wah itu tdk ada apa2 nya .. tetapi taukan engkau ..
“ tidakkah SURGA itu menggiuR mu ?? “
Ohh indahnya syahid itu ..
Allah berfirman dlm suatu surat “ sesunnguhnya jiwa ,harta orang beriman itu telah dibeli oleh Allah “
Taukah antum ?? jual beli ini ??
Jerih payah , keringat, air mata,darah dan materi yang kita serahkan di jalan da’wah akan diganti oleh Allah dengan ,,, SURGA
Ana jadi ingat lagu mars PKS ..
“ BERJUANG DENGAN HARTA DAN JIWA
UNTUK TEGAK ISLAM NAN JAYA
TAK PERNAH RASA RUGI MENAPAK JALAN INI SURGA ALLAHMENANTI
acara ditutup dengan doa Robitah .. lalu kita salaman dan berpelukan .. tak terasa Air mata menetes ..
ada ukhti yang memeluk ana dan berkata “ sungguh indah ukhwah ini .. “

yooo seMangat ! besok pembukaan program tutorial semester genap .
minggu depannya ana mulai jadi Tutor yg seSungguhnya.

TerakHir .. akh Dede berkata seperti ini
“ HEY Kang ! TuBuh mu iTu bUKAN milik mu . Tubuh mu itu Milik ALLAh !!! BangkitLah !!

ALLAHU AKBAR !
Insyaallah
Istiqamah . ikhlas .. cerdas ..

Bumi Allah . 12 Februari 2011
Pukul 21.10
Oleh-olehnya : sakit badan . masuk angin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar